Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Bimbel Online Lebih Efektif dibandingkan Bimbel Konvensional

Dewasa kini, kita dapat menjumpai salah satu fenomena bimbel online yang cukup populer di kalangan siswa. Fenomena bimbel online seperti Ruangguru dianggap sebagai inovasi yang menyaingi bimbel konvensional. Meskipun terbilang baru, namun sudah mulai banyak orang tua dan guru yang menyarankan bimbel online sebagai tempat bimbel yang efektif. Berikut merupakan alasan mengapa bimbel online dinilai lebih unggul dibandingkan bimbel konvensional :


1. Waktu dan tempat belajar yang fleksibel

Seringkali siswa merasa malas dan kelelahan karena harus mendatangi tempat bimbel mereka sepulang sekolah. Dengan adanya bimbel online, siswa tidak perlu membuang waktunya untuk ke tempat bimbel. Siswa dapat belajar di mana saja tanpa harus mengganggu waktu istirahatnya di rumah.

2. Belajar bersama tutor profesional

Tidak kalah dengan bimbel konvensional, di bimbel online juga siswa akan berjumpa dengan tutor profesional. Tutor tersebut akan memandu siswa dalam belajar melalui video belajar ataupun fitur chatting di mana siswa dapat berkonsultasi mengenai tugas-tugas mereka. Materi akan disampaikan dengan asik dan menyenangkan untuk memastikan siswa dapat memahami materi dengan baik.



3. Serasa les privat

Siswa yang mengikuti bimbel konvensional biasanya belajar dalam satu ruang kelas bersama-sama. Hal tersebut memungkinkan kurang efektifnya pembelajaran karena kecepatan belajar seluruh siswa disamakan. Sementara, di bimbel online siswa belajar secara individual layaknya les privat dan mereka dapat menyesuaikan kecepatan belajarnya masing-masing.

4. Mudah mengawasi belajar anak

Bimbel online akan menjadikan orang tua lebih mudah untuk mengawasi proses belajar anak. Karena orang tua dapat menemani anak belajar di rumah dan dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman anak dalam belajar.

5. Hemat biaya

Bimbel online memang memberikan berbagai kemudahan bagi siswa dan orang tua. Namun tidak perlu khawatir, segala kemudahan yang diberikan oleh bimbel online tidak akan merogoh saku cukup dalam. Selain siswa tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi, biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti bimbel online pun sangat terjangkau dengan rata-rata kurang dari Rp 200.000 perbulannya.



Kini, belajar tidak lagi membosankan dan melelahkan karena siswa dapat belajar di mana dan kapan saja. Siswa dapat langsung belajar melalui smartphone-nya dan tetap bisa belajar tanpa harus melewatkan waktu bersama keluarga. Dengan berbagai keunggulannya, tidak heran banyak siswa dan orang tua yang menggemari bimbel online dibandingkan bimbel konvensional.

2 komentar untuk "5 Alasan Bimbel Online Lebih Efektif dibandingkan Bimbel Konvensional"

TRH 26 Oktober 2017 pukul 11.23 Hapus Komentar
Mau enggak mau kita emang harus ikut perkembangan zaman sih mas. Ojek aja sudah online, masa pendidikan gak online juga sih?
Citrakusuma 29 Juli 2019 pukul 16.39 Hapus Komentar
Saya setuju dengan ini, semua yang serba online memang benar-benar membantu generasi milenial yang serba mager, generasi yang tidak bisa jahuh dari gadget dan laptop, generasi yang tidak mungkin tidak ada kuota internet. Mereka adalah orang-orang yang ingin mudah dan praktis, harga ekonomis juga pastinya. Dengan adanya bimbel online ini so pasti sangat membantu mereka.