Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dalam Fisika dan Artinya (Definisi Lengkap) Part-5

Melanjutkan Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya) Part-4, berikut ini istilah dan fisika dan artinya bagian yang kelima, dimulai dari nomor 51 sampai dengan 60.

51. Arti dari Continous wave....
Jawaban: Gelombang kontinu, yaitu sebuah gelombang elektromagnetik yang ditransmisikan secara kontinu sampai akhir periode tertentu. Gelombang kontinu berbeda dengan pulsa atau gelombang yang terputus-tupus yang digunakan radar.

52. Arti dari Glow discharge....
Jawaban: Letupan cahaya adalah lucutan listrik yang melewati gas bertekanan rendah, biasanya terdiri dari pita-pita terang dan gelap diantara elektroda-elektrodanya.

53. Arti dari Control grid....
Jawaban: Control grid adalah jaringan pengontrol

54. Arti dari ge V....
Jawaban: ge V adalah singkatan dari giga elektron volt, yang sama dengan 109 elektron volt.

55. Arti dari Control rods....
Jawaban: Batang-batang pengontrol, yaitu material yang dapat menyerap neutron yang dapat digerakkan ke luar ke dalam inti reaktor nuklir yang gunanya untuk mengontrol reaksi berantai. Batang-batang pengontrol biasanya terbuat dari boron, cadmium, atau zat-zat lain yang dapat menyerap neutron

56. Arti dari Convection....
Jawaban: Konveksi adalah perpindahan energi oleh zat cair atau gas. Dalam konveksi yang alami, aliran fluida itu disebabkan oleh adanya perbedaan suhu antara bagian fluida yang satu dengan bagian fluida yang lainnya. Contohnya dalam hal memanaskan air dalam ketel, bagian air sebelah bawah lebih dulu terkena panas dibandingkan dengan bagian atasnya, akibatnya bagian bawah air volumenya berkembang dan selanjutnya menjadi lebih ringan dari bagian atasnya, akibat selanjutnya bagian bawah air yang telah terkena panas terdesak oleh bagian atasnya dan terjadilah aliran air.

57. Arti dari conventional current.....
Jawaban: Arus konvensional adalah arus listrik yang dianggap mengalir dari titik yang berpotensial positif menuju yang berpotensial negatif. Dalam sebuah konduktor, muatan dibawa oleh elektron-elektron yang mengalir dalam arah yang berlawan dengan arah arus. Dalam semikonduktor muatan dapat dibawa oleh muatan positif yang mengalir dalam arah yang sama dengan arah arus konvensional.

58. Arti dari getter...
Jawaban: Getter adalah suatu zat kimia yang dipakai untuk membersihkan gas di dalam vakum setelah digunakan pompa

59. Arti dari ghost...
Jawaban: Ghost adalah bayangan samar yang dengan bayangan aslinya disebabkan oleh jalan sinar yang berbeda.

60. Arti dari Converter....
Jawaban: Alat pengubah (konverter) adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah, atau sebaliknya dari arus searah menjadi arus bolak-balik.

Posting Komentar untuk "Istilah dalam Fisika dan Artinya (Definisi Lengkap) Part-5"