Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu Penunjang Geografi dan Contohnya (19 Ilmu Lainnya)

19 Ilmu Penunjang Geografi - Sebagai ilmu, geografi  mempunyai cakupan dan karakteristik yang sangat luas, hal ini tentu saja karena geografi ditunjang oleh ilmu-ilmu lainnya. Menurut para ahli geografi, ada sekitar 19 (sembilan belas) ilmu penunjang geografi, diantaranya: Ilmu Geomorfologi, Hidrologi, Geologi, Botani, Oceanografi, Meterologi, Klimatologi, Biologi, Demografi, Zoologi, Antropologi, Sosiologi, Ekologi, Ekonomi, Astronomi, Geografi Politik, Geografi Fisik, Geografi Manusia dan Geografi Regional.

gambar ilmu-ilmu penunjang geografi


Berikut, penjelasan dari 19 ilmu penunjang geografi.

  1. Ilmu Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan proses terjadinya. 
  2. Ilmu Hidrologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang air baik di permukaan maupun dibawah permukaan tanah.
  3. Ilmu Geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi, meliputi asal terjadinya, struktur, komposisi sejarah, serta proses alamiahnay.
  4. Ilmu Botani adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang dunia tumbuhan dan persebarannya.
  5. Ilmu Oceanografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang laut, beserta isinya.
  6. Ilmu Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan cuaca.
  7. Ilmu Klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan iklim.
  8. Ilmu Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup di permukaan bumi.
  9. Ilmu Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang aspek-aspek kependudukan.
  10. Ilmu Zoologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hewan dan persebarannya di muka bumi.
  11. Ilmu Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.
  12. Ilmu Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pola pergaulan manusia dalam masyarakat.
  13. Ilmu Ekologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.
  14. Ilmu Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mencapai kemakmuran.
  15. Ilmu Astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang antariksa, proses-proses pembentukannya, dan benda-benda antariksa.
  16. Ilmu Geografi Politik adalah cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari tentang kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.
  17. Ilmu Geografi Fisik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentuk dan struktur permukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi. 
  18. Ilmu Geografi Manusia adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang aspek sosial, ekonomi dan budaya penduduk.
  19. Ilmu Geografi Regional adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya geografi Asia Tenggara dan Geografi Timur Tengah.
Sumber tulisan ilmu penunjang Geografi dan contohnya (19 ilmu lainnya): Buku Geografi Untuk SMA/MA Kelas X, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan.

Posting Komentar untuk "Ilmu Penunjang Geografi dan Contohnya (19 Ilmu Lainnya)"